About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Selasa, 19 Oktober 2010

pengantar bisnis

By admin
Beberapa contoh bisnis
Contoh Bisnis
Sebelum saya memberikan contoh bisnis kepada anda, ada hal penting yang akan saya sampaikan untuk anda, yaitu bahwa untuk memulai sebuah bisnis, modal awal yang anda butuhkan adalah : Hasrat atau keinginan yang kuat untuk anda berhasil di dalam bisnis.
Kenapa ini saya tekankan, karena pada kenyataannya apapun contoh bisnis (ide bisnis) yang akan anda jalankan, percayalah tidak ada yang instant, ada banyak hal yang harus anda lewati, dan tanpa keinginan yang kuat anda akan berhenti dan cari-cari ide lagi begitu seterusnya.
Jadi mantapkan hati anda bahwa anda harus berhasil, bila penting teriakkan…SAYA HARUS BERHASIL !!! YES !!! biarkan kata-kata itu merasuk kedalam hati anda yang terdalam, kalau sudah begitu, saya yakin apapun bentuk ( contoh bisnis ) yang akan anda jalankan kemungkinan besar akan berhasil
Intinya adalah  anda harus punya suatu alasan kuat  kenapa anda melakukan bisnis, temukan “why” nya dulu dan bukan “how” nya 
Baiklah tanpa bermaksud menggurui anda, berikut akan saya  sebutkan beberapa contoh bisnis yang bisa  anda pertimbangkan :
A. Keahlian
Banyak orang menyepelekan kemampuan, pengetahuan maupun keahlian yang dia miliki sehingga ia tidak bisa melihat peluang yang dia punyai.
Sebagai contoh sederhana, dan saya sudah melihat dengan mata kepala sendiri, ada seorang ibu tetangga saya, dia pintar memasak, apa yang dia lakukan? Cukup simple setiap pagi dia meletakkan sebuah meja di depan rumahnya dan dia hanya menyediakan sarapan pagi untuk warga sekitar yang tidak sempat masak untuk sarapan pagi, dan kalau saya taksir, dia memiliki pelanggan setia kira-kira 20 KK, katakanlah 1 KK membeli 2 porsi, dia menghargai 1 porsinya 6.000, maka omsetnya setiap pagi adalah : 40 x 6.000 = Rp 240.000,- J katakanlah laba kotor yang dia peroleh kira-kira 15% maka setiap pagi dengan gampangnya si Ibu mendapatkan penghasilan ±  Rp 36.000,- dan saya perhatikan jam 8.30 si Ibu sudah kembali membereskan mejanya dan dia sudah mengantongi penghasilan tambahan.
Sekarang coba renungkan apa yang anda bisa ? mulailah dari hal yang sederhana, kata kuncinya adalah layani orang lain dengan keahlian anda .
B. Uang
Anda punya cukup uang ? tapi anda tidak tahu harus diapain ? percaya ngga percaya ada banyak orang punya uang tapi ngga tahu mau diapain, mungkin anda salah satunya ha…ha…
Saya punya seorang teman,  sewaktu dia dapat pesangon dari perusahaan tempat dia bekerja, dia tidak menyimpan uangnya di bank. Apa yang dia lakukan ? dia mencari orang yang punya niat untuk buka usaha, dia mengajak kerjasama dengan seseorang yang punya tempat yang strategis untuk persewaan play station, anda tahu ? dengan modal 1 set TV & PS kira-kira Rp 2.600.000,- mereka sepakat setiap bulan teman saya menerima Rp 300.000,- dan teman saya membeli sekitar 5 set artinya dia mengeluarkan modal 5 x Rp 2.600.000=Rp 13.000.000,-  dan setiap bulan dia menerima Rp 1.500.000,- maka tidak sampai 1 tahun dia sudah balik modal, tapi passive incomenya jalan terus  . Teman…percayalah ! ada banyak orang diluar sana yang punya potensi untuk diajak kerjasama dalam menjalankan sebuah usaha dengan kita sebagai pemodalnya, sehingga uang kita ngga nganggur !!!
C. Relasi / Koneksi
Ada banyak orang tidak sadar bahwa orang-orang yang kita kenal atau daftar nama orang-orang berpengaruh yang kita kenal juga merupakan sebuapotensi untuk melakukan sebuah bisnis.
Ada seorang yang saya kenal yang bekerja dalam s h ebuah perusahaan jasa maintenance sebuah pabrik PMA yang cukup besar, dan dia kenal banyak dengan orang-orang penting dalam pabrik tersebut, mulai dari engineer lapangan, manager lapangan dan juga oraang-orang bagian purchasing / pengadaan. Apa yang dia lakukan ? dia membuat sebuah perusahaan kecil (CV) di bidang general supplier, dan dia menyuplai berbagai macam kebutuhan pabrik tersebut, dan hasilnya sangat lumayan.
Sebenarnya apa inti dari usaha orang tersebut ? Intinya ada di Relasi / Kenalan orang dalam yang dia kenal, dan itu tidak ada hubungannya dengan KKN, kenapa?  anda tahu perusahaan PMA tentunya mereka memiliki ISO, dan setiap pembelian barang-barang pasti ada perbandingan harga, apa yang membuat usahanya lancar, yaitu ada orang-orang yang dia kenal yang memberikan informasi penting.
D. Dan lain sebagainya
:-) Ha…ha…Ya !! hanya itu yang bisa saya bagikan disini mengenai contoh bisnis, semoga anda juga bisa menambahinya, dan mungkin juga mendapatkan sebuah inspirasi untuk mendapatkan sebuah ide bisnis.
Ingat yang terpenting adalah…temukan “why” nya dulu dan bukan “how” nya  karena saya percaya begitu anda menemukan “why” nya maka apapun bisnis/usaha yang anda jalankan pasti sukses, Amin !!!
Sukses Untuk Anda

0 komentar :

Posting Komentar