About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Senin, 25 Maret 2013

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK


I.            Profil PT Indofood Sukses Makmur, Tbk
            Indofood merupakan perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman.
misi dari PT Indofood Sukses Makmur ialah :
  •     Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
  •       Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi kami.
  •        Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan.
  •     Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan.
II.            Analisis Kondisi Keuangan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk
                        Tujuan dari menganalisis kondisi keuangan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. adalah untuk menilaiki dapat diketahui apakahperusahaan telah mencapai target-target yang ingin dicapai. Dalam menganalisis kondisi keuangan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, diperlukan beberapa aspek yang perlu diketahui, antara lain : 

2.1 Aspek RatioLikuiditas
            Aspek Likuiditas menunjukkan kemampuan perusahan  dalam hal membayar kewajiban jangka pendek yang telah jatuh tempo.Jadi ratio likuditas merupakan indicator yang menunjukkan apakah perusahan memiliki masalah dalam arus kas atau tidak, Alat ukur yang sering digunakan dalam menganalisis yaitu :

A.    Current Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya denga menggunakan aktiva lancar yang dimiliki .
Current Ratio = Aktiva Lancar  x 100 %
                              Hutang Lancar

B.  Cash Ratio menunjukkan kemampuan perusahan untuk membayar hutang jangka pendek dengan kas yang ada dan surat berharga lain yang dapat segera diuangkan.

Cash Ratoi =  Kas + Surat berharga  x 100 %
                             Hutang Lancar

C.    Quick Ratio Merupakan rasio yang digunaka untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva yang lebih likuid . Quick Ratio dapat dihitung dengan rumus yaitu :

Quick Ratio  = Aktiva Lancar  - Persediaan x 100 %
                                         Hutang Lancar

2.2  Aspek Ratio Solvabilitas
               Merupakan suatu alat untuk menunjukkan kemampuan perusahan untuk memenuhi kewajiban keuangannya apabila perusahan tersebut dilikuidasikan, baik kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang.

A.    .TotaL  Debt to Equity Ratio (Rasio Hutang terhadap Ekuitas) Merupakan Perbandingan antara hutang – hutang dan ekuitas dalam pendanaan perusahaan dan menunjukka kemampuan modal sendiri, perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibanya . Rasio ini dapat dihitung denga rumus yaitu :

Total Debt to equity Ratio = Hutang Lancar + Hutang Jangka Panjang  x 100 %
                                                                          Modal Sendiri

B.     Total Debt to Total Asset Ratio ( Rasio Hutang terhadap Total Aktiva ) Rasio ini merupakan perbandingan antara hutang lancar dan hutang jangka panjang dan jumlah seluruh aktiva diketahui. Rasio ini menunjukkan berapa bagian dari keseluruhan aktiva yang dibelanjai oleh hutang. Rasio ini dapat dihitung dengan rumus yaitu :

Total  Deb to Total Asset Ratio  =   Total Hutang  X 100 %
                    Total Aktiva

C.     Equity to Total Asset Ratio , rasio ini membandingkan antara modal sendiri dengan total aktiva. Rasio ini mengukur kemampuan total aktiva untuk memenuhi kebutuhan akan modal sendiri perusahan.

 Equity to Total Asset Ratio =         Modal Sendiri x 100 %
Total Aktiva

2.3 Aspek Ratio Profitabilitas
            Ratio Profitabilitas merupakan  rasio untuk menilai kemampuan perusahan dalam mencari keuntungan, rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahan. Alat ukur yang dilakukan adalah profit margin, Return on investment ( ROI ), Gros profit.

Analisis perhitungan Ratio Profitabilitas sebagai berikut :
a.       Net Profit Margin Merupakan rasio yang digunaka nuntuk mengukur laba bersih sesudah pajak lalu dibandingkan dengan volume penjualan. Rasio ini dapat dihitung dengan Rumus yaitu :
Net Profit Margin = Laba Setelah Pajak  x 100 %
                                                  Penjualan Bersih
b.         ROI Return on Equity ( ROE ) untuk mengukur laba bersih sesudah pajak dengan modal sendiri.
ROE =  Laba bersih setelah pajak x 100 %
                             Total  Aktiva

c.           Gross Profit Margin ( Margin Laba Kotor) Merupakan perandingan antar penjualan bersih dikurangi dengan Harga Pokok penjualan dengan tingkat penjualan, rasio ini menggambarkan laba kotor yang dapat dicapai dari jumlah penjualan. Rasio ini dapat dihitung dengan rumus yaitu :

Gross Profit Margin = Laba kotor  x 100 %
                                                  Penjualan
LAPORAN KEUANGAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK











 Analisis  yang dapat di simpulkan setelah melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan pada PT INDOFOOD SUKSER MAKMUR, tbk dilihat dari  Rasio Likuditas dapat di simpulkan bahwa  PT INDOFOOD SUKSER MAKMUR, tbk  pada tahun 2012 mengalami peningkatan dan perusahan ini dapat dikataka.n meningkat, peningkatan terjadi di karenakan kenaikan aktiva lancar di tahun 2012.Kondisi keuangan PT INDOFOOD SUKSER MAKMUR, tbk dalam keadaan sehat dan baik



Sumber :
  1.  www.idx.co.id
  2. http://shelmi.wordpress.com/2009/03/04/rasio-%E2%80%93-rasio-keuangan-perusahaan/
  3. http://library.gunadarma.ac.id




1


0 komentar :

Poskan Komentar