About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Kamis, 11 Oktober 2012

PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


PENDAHULUHAN
Informasi  adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer.informasi dapat dikelolah seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh.pertama ,Bisnis telah menjadi semakin rumit ,dan kedua , komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Aplikasi komputer utama yang pertama adalah pengolahan data akuntansi.Aplikasi tersebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain: sistem informasi manajement ,sistem pendukung keputusan , kantor virtual , dan sistem berbasis pengetahuan .kelima aplikasi ini membentuk sistemsistem informasi berbasis komputer ( comp uter based information system ), atau CBIS.
Manajemen Informasi
Informasi dapat dikelolah oleh manajemen .untuk menghasilkan informasi yang baik haruslah memilki majanemen yang baik.
Jenis –Jenis Utama Sumber Daya
Manajer mengelolah lima jenis utama sumber daya  :
·         Manusia
·         Material
·         Mesin (termasuk fasilitas dan energi )
·         Uang
·         Informasi ( termasuk Data )
Manajemen Sumber Daya
Sumber daya doperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan.setelah sumber daya di susun manajer. Manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya. Manajer meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak.
Bagaimana Informasi Dikelolah.
Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukanterkumpul dan kemudian di proses menjadi informasi menjadi informasi yang bergunaseluruh aktivitas inin –memperoleh informasi ,menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat.
PERHATIAN PADA MANAJEMEN INFORMASI
1.      Kerumitan Kegiatan Bisnis yang Meningkat
Bisnis semakin meningkat dan emiliki kendala seperti :
·         Pengaruh ekonomi internasional
·         Persaingan dunian
·         Kerumitan teknologi yang semakin meningkat
·         Batas waktu yang semakin singkat
·         Kendala – kendala sosial
2.      Kemampuan komputer yang semakin baik
Para pemakai tidak memandang komputer sebagai sesuatu yang istimewatetapi sebagai bagian peralatan kantor
MANAJER DAN SISTEM
Manajer adalah user  atau pemakai
Sistem adalah sekelompok elemen – elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
Pentingnya Suatu Pandangan Sitsem :
1.      Mencegah manajer tersesat dalam kerumitan struktur organisasi.
2.      Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang baik.
3.      Menekankan pentingnya kerja sama semua bagian dalam organisasi.
4.      Mengakui keterkaitan organisasi dengan lingkungannya
5.      Memberikan penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem tertutup.
Para manejer harus memandang unit organisasi mereka dengan pandangan sistem. Pandangan ini membuat para manejer lebih mudah memfokuskan elemen –elemen sistem pada pencapaian tujuan – tujuan organisasi.
Terdapat perbedaan anatara Data dan Informasi.Data mencakupfakta-fakta dan angka –angka yang relatif tidak berarti,yang diubah menjadi informasioleh suatu pengelolah informasi.Suatu informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan maupun tertulis.informasi berasal  dari sumber–sumber internal maupun lingkungan dan digunakan dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

REFERENSI : Buku Sistem Informasi Manajemen  Raymond Mcleod,Jr. 
                        Edisi kedelapan



0 komentar :

Poskan Komentar