About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Senin, 22 Oktober 2012

Model Sistem Umun Perusahan dan Pendekatan


Model adalah satu penyederhanaan dari sesuatu yang disebut entitas.Ada empat jenis model:
1.      Fisik
2.      Naratif
3.      Grafik
4.      Matemtika

Suatu model system memiliki penerapan yang luas tetapi tidak menuju pada situasi tertentu secara persis.Model system umum perusahaan dapat digunakan untuk menganalisis  suatu organisasi jenis apa pun tetapi tidak setepat suatu model yang dirancang khusus untuk satu organisasi tertentu.
Sistem fisik terdiri  dari tiga elemen :

  1. 1.      Input
  2. 2.      Transformasi dan
  3. 3.      Output

Sumber daya fisik mengalir melalui system fisik.
Sistem Konseptual meliputi suatu lingkaran umpan balik dan suatu mekanisme pengendalian.Perusahan adalah contoh system lingkaran tertutup, dengan manajemen  sebagai mekanisme pengendalian. Arus umpan balik mula – mula berupa data, diubah menjadi informasi oleh pengolah informasi, dan kemudian digunakan oleh manajemen  dalam pemecahaan masalah.Standar menentukan tingkat kinerja system yang diinginkan.

Sistem Lingkaran Tertutup.


Sistem Lingkaran Terbuka










            Pengolah informasi  dapat berupa sistem berbasis computer, dapat pula tidak.Manajer,munkin dibantu oleh analisis system, menentukan informasi yang harus disediakan pengolah informasi,dalam hal revelansi, ketepatan, ketepatan waktu, dan kelengkapan.

Manajer dapat mempraktekkan management by exception dengan menggunakan pengolah informasi unt uk memantau system fisik.Dengan memasukkan standart pada pengolah informasi, pengolah tersebut dapat menentukan apakah perhatihan manajemen diperlukan.Pengolah informasi juga dapat menyediakan informasi mengenai status dari factor-faktor penentu keberhasilan. Jika kerja actual tidak memenuhi standar , manajemen membuat keputusan yang menghasilkan perubahaan. Keputusan tersebut dikomunikasikan keseluruh tiga elemen dalam system fisik. Manajer terlibat dalam pemecahaan masalah untuk memecahkan masalah yang mungkin secara potensial berbahaya atau menguntungkan. Proses pemecahan masalah memerlukan sejumlah keputusan.
              Sistem konseptual adalah suatu system pemecahan masalah yang terdiri dari manajer,informasi, dan standar. Dua elemen lain masuk dalam proses pengubahan masalah menjadi solusi.Kedua elemen tersebut adalah solusi alternative dan kendala. Sangat penting bagi manajer untuk memisahaka masalah dari gejalahnya.Suatu cara popular untuk menggolongkan masalah adalah dengan menempatkannya dalam suatu rangkaian dari terstruktur hingga tidak terstruktur.Sebagian besar masalah berada diantaranya, bersifat semi-terstruktr, dalam arti manajer memahami sebagian elemen – elemen dan hubungan – hubungan ,tetapi tidak semuanya.
            Pendekatan system mengharuskan seorang  manajer melihat perusahan sebagai suatu system, menyadari system lingkungannya, mengidentifikasikan subsistem didalam perusahan .Saat mencari sumber masalah dan memahaminya, manajer bergerak dari tingkat system ke subsistem dan menganalisis bagia-bagian tersebut dalam suatu urutan tertentu.Setelah masalah didefinisikan , manajer mengidentifikasikan berbagai solusi alternative, mengevaluasinya, memilih dan menerapkan satu tampaknya terbaik, dan membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu efektif.

 Model Sistem Umum Perusahaan
  

Sumber : Sistem Informasi Manajemen  Raymond McLeod Jr. dan George Schell
               Edisi ke 8





0 komentar :

Poskan Komentar