About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Rabu, 15 Mei 2013

INTERNET

1.     Pengertian Internet

            internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.
Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.
Elektronik mail (E-mail) fitur ini dipakai sebagai media berkirim surat dengan orang lain, tanpa ada batasan waktu, ruang bahkan birokrasi dunia maya yakni kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web (www) dengan world wide web (www) ini kita bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik serta video dengan menggunakan hypertext links.
Mailing list, fitur ini digunakan untuk dapat berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail ke sesama pengguna email. Mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup digunakan untuk berkoferensi jarak jauh, sehingga kita bisa menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet. Download merupakan proses mengambil file dari komputer lain melalui internet ke komputer di rumah. Upload merupakan proses meletakkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet File transfer protocol (FTP) fungsi ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
Beberapa server di internet telah menyediakan file atau dokumen yang dapat untuk di gandakan oleh para penggunanya secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper fungsi ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan pengguna bisa mengambil informasi tersebut secara mudah dan tentunya gratis.

2.     Sejarah Internet 

            Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

3.      Manfaat Internet

 ·         Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan:

1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan: Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan Camsh pajang di urutan pertama karena berdasarkan pengalaman yang Camsh alami adalah ketika kita sedang mencari tugas di internet tanpa kita sadari setiap halaman Webiste yang kita buka pasti kita akan baca walaupun itu bukan tugas yang sobat inginkan, Namun ada juga sebagian siswa yang tergolong orang yang HG alias Harap Gampang pasti tinggal CTRL C trus CTRL V di Word nah ini bukan tujuan sebenarnya dari Internet.
2. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah: Pernah tidak saat kita belajar di sekolah lantas kita tidak mengerti sama sekali dengan apa yang telah di terangkan di sekolah, itu sering sekali terjadi bahkan itu sering menimpa penulis pribadi, oleh karena itu camsh sering mencari informasi bahan pelajaran di Internet agar mengetahui apa sih yang di ajarkan Pak/Bu Guru di Sekolah tadi.
3. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer: Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer, Camsh punya sebuah pengalaman yang satu ini pernah guru TIK di sekolah ngasih tugas buat email dan kirimkan alamat email di Guru TIK kami, Nah di situ bingung gak tau mau gimana, ya terpaksa harus mengetahui Komputer dan Internet itu sendiri, maklum itu masih SMP kelas 3 jadi agak gaptek.
4. Sebagai Sarana Komunikasi: Sarana Komunikasi Camsh pasang yang terakhir karena ini hanyalah sarana untuk bertukar Informasi dengan teman di Internet untuk menambah wawasan namun jarang sekali Manfaat Internet Bagi Pelajar maupun mahasiswa untuk menggunakannya seperti itu melainkan sarana untuk chatting chattingan, sungguh sangat di sayangkan.



1. Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.
2. Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Misalnya, ada suatu data dari satu kantor yang harus diserahkan pada kantor lain, penyerahan ini bisa memanfaatkan media surat elektronik (email) yang tentunya menggunakan internet.
3. Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan. Ini juga merupakan salah satu manfaat internet bagi masyarakat. Manfaat jejaring sosial juga tak hanya menambah pergaulan, namun juga mempererat pertemanan dan membuat kita berlatih untuk bersosialisasi lebih baik.
4. Balakangan ini sering sekali tentang bisnis online. Kita pun bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet.
5. Kelebihan dari bisnis jenis ini adalah kita tidak perlu repot-repot menyewa lahan/toko untuk berjualan. kita hanya harus menyiapkan barang yang akan dijual, mempromosikannya, lalu tinggal menunggu pembeli menghubungi kita.
6. Media internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk promosi. Manfaat internet yang satu ini tak hanya berlaku bagi pebisnis online saja, namun juga bagi kita yang punya toko offline atau perusahaan tertentu yang ingin dikenal melalui media internet.
7. Di sinilah letak manfaat jejaring sosial yang ada di internet. kita bisa menggunakan jejaring sosial apapun untuk berpromosi, atau bahkan membuat situs pribadi yang memuat usaha kita.
8. Manfaat internet bagi masyarakat tak cuma terbatas pada para pebisnis, dan juga untuk para konsumen. Bila kita malas keluar rumah untuk belanja barang-barang tertentu, kita bisa mencari barang yang kita inginkan lewat internet.

4.     Metode Pengalamatan di Internet

Untuk menghubungkan tiap-tiap komputer dengan jaringan internet diperlukan suatu tata cara pengalamatan pada jaringan komputer internet tersebut. Dengan konsep protokol TCP/IP yang menggunakan dua buah skema pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah komputer dalam sebuah jaringan atau jaringan dalam sebuah internet work. Dan setiap komputer yang terhubung pada TCP/IP menurut teorinya harus memiliki suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal dengan sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32 bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal yang dibagi menjadi 4 bagian yang dipisahkan oleh titik sebagai contoh 185.11.0.9 .
            Satu IP Address memiliki satu nama untuk mempermudah mengidentifikasi suatu komputer di internet yang biasa disebut dengan host. Host adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Selain host, terdapat domain yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan internet komputer. Untuk menentukan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarangan, harus mengajukan permohonan ijin kepada Internet Network Information Center (InterNIC), yang merupakan pengelola pemakaian alamat IP/IP Address dan nama domain.
            URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator merupakan suatu lokasi atau tujuan di internet (misalnya alamat situs, alamat e-mail) yang dapat diakses dan ditampilkan. Contoh URL yaitu:
Keterangan:
http://               :           Kode jenis layanan di internet
www                :           Kode jaringan global
.namasitus       :           Nama pemilik situs
.com                :           Domain
            Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server dan dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP
            Nama domain pada sebuah alamat internet juga sangat beragam. Berikut nama domain yang sering dipakai antara lain:
.com    : Menerangkan situs komersial global
.net      : Menerangkan situs layanan Internet global
.edu     : Menerangkan situs pendidikan
.gov     : Menerangkan situs pemerintahan
.mil      : Menerangkan situs militer
.org      : Menerangkan situs organisasi
.tv        : Menerangkan situs penyiaran
Berikut adalah nama domain dari tiap-tiap negara :
 1.            .us = Amerika Serikat
  2.            .ca = Kanada
                        3.            .af = Afghanistan.
4.            al =Albania
5.            .dz = Algeria
                        6.            .as = American
                              7.            Samoa
                              8.            .ad = Andorra
                              9.            .ao = Angola
                          10.            .ai = Anguilla
                          11.            .aq = Antarctica
                          12.            .ag = Antigua dan Barbuda
                          13.            .ar = Argentina
                          14.            .am = Armenia
                          15.            .aw = Aruba
                          16.            .au = Australia
                          17.            .at = Austria
                          18.            .az = Azerbaijan
                          19.            .bs = Bahamas
                          20.            .bh = Bahrain
                          21.            .bd = Bangladesh
                          22.            .bb = Barbados
                          23.            .by = Belarus
                          24.            .be = Belgium
                          25.            .bz = Belize
                          26.            .bj = Benin
                          27.            .bm = Bermuda
                          28.            .bt = Bhutan
                          29.            .bo = Bolivia
                          30.            .ba = Bosnia
                          31.            Herzegovina


 5 Netiquette

Terdapat beberapa definisi tentang netiquette, yaitu :
a.                   Etika dalam menggunakan Internet
b.                  Aturanaturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia,            sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di       dunia maya
            Netiquette berasal dari dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebenarnya netiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturanaturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Di dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan menyikapi arus informasi dan data di dalamnya.
            Sebagai mahluk sosial pelaku internet memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya. Setiap lingkungan mempunyai nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, setiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati. Karena itu siapapun bebas untuk mematuhi peraturan yang sesuai dengan dirinya dan yang tidak menyetujui bebas memilih untuk tetap berada di sana sebagai minoritas atau keluar dari lingkungan tersebut.
            Dalam kasus tertentu pelanggaran etika dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hukum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara internasional.
            Secara umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas dalam internet wajib untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut.
Beberapa aturan yang ada pada Netiquete ini adalah:
1.                  Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti,   mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang       anti virus atau personal firewall
2.                  Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah            mengupload data pribadi
3.                  Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :
a.       Jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.      Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit 1
c.       Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d.      Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena    menyerupai kegiatan teriakteriak pada komunitas sesungguhnya.



 SUMBER :

1.             Harmoni, Ati (1993) Pengantar Komputer. Jakarta : Gunadarama
2.             Noname (2003) Dasar Teknis Intalasi Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset
3.             Siregar (2010) Langsung Praktik Mengelola Jaringan Lebih Efektif dan Efisien pada Linux Fedora dan Windows XP. Yogyakarta : Andi Offset
4.             http://www.namasitus.com


0 komentar :

Poskan Komentar