About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. ....read more

Rabu, 02 Mei 2012

Manajemen Strategik



Pengertian Manajemen Strategik

Pengertian dalam arti luas yaitu Manajemen strategis merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan 7w        1 how.
Dibawah ini akan di  jelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan 7W dan 1H.
Dalam suatu Manajemen Terdapat Beberapa hal yang harus ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan yang baik dalam usaha Bisnis.
Visi dapat disusun dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: 
1.      What (Apa)                      =  Bisnis apa yang kita jalankan saat ini ?
                                               =  Apa yang diinginkan pelanggan kita ?
  •   Harapan apa yang dimiliki stakeholders
Misi menjawab pertanyaan what we are doing? Misi perusahaan merupakan pernyataan atau rumusan umum yang luas dan bersifat tahan lama tentang keinginan atau maksud perusahaan. Misi harus fokus pada kebutuhan lingkungan terutama pelanggan. Misi menguraikan bidang produk, pasar, serta teknologi yang ditekankan perusahaan dan hal ini dilakukan sedemikian rupa hingga mencerminkan nilai dan prioritas para pengambil keputusan strategik perusahaan. Ringkasnya, misi harus mencerminkan keunikan atau keunggulan perusahaan. 

2.      Why  (Mengapa)                    =  Mengapa Strategik dapat bersifat hidden? 
                                                      =  Mengapa visi harus strategik
Strategik dapat bersifat hidden atau tersembunyi, tidak mudah diketahui pihak luar, bahkan orang dalam sekalipun, dapat pula bersifat  open, terbuka, orang dapat dengan mudah menentukan strategi yang dilakukan suatu perusahaan. Strategi itu proaktif (intended and deliberate) tetapi sekaligus juga reaktif (adaptive). 

3.      Where ( Dimana)                    = Dimana Strategik yang diformulasikan dan diimplementasikan?
 Di unit - unit operasional seperti penjualan, distribusi, penyimpanan, promosi, persediaan, penggajian dll. 

4.When ( kapan )                         = kapan  Perencanaan Strategik ditetapkan?
Menetapkan visi strategik, misi tujuan dan menentukan strategi merupakan proses merencanakan masa depan perusahaan, Perencanaan tersebut meliputi kinerja perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, juga mengenai rencana aksi-aksi menghadapi pesaing. 

5. who ( siapa )  = Siapa yang bertanggung jawab pada penyusunan  tugas manajemen strategik di  atas?
  • ·         Chief Executive Officer (CEO) & Eksekutif Senior
  • ·         Manajer Unit Bisnis (Kepala Cabang/ GM Area)
  • ·         Manajer Fungsional
6. whose ( Dari siapa )     = Dari siapa Keberhasilan manager pada jajaran ini akan menentukan  kelancaran proses dan kesuksesan organisasi secara keseluruhan.
   7.WHOM (oleh siapa) =  oleh siapa Strategik yang disusun dapat kita bedakan menjadi beberapa tingkatan tergantung pada jenis perusahaan yang melakukannya, apakah perusahaan tunggal (single business) atau perusahaan terdiversifikasi (diversified company).
Strategy-Making concerns HOW to
v  Mencapai kedua macam tujuan
v  Memenangkan persaingan
v  Merespon perubahan industri dan persaingan
v  Bertahan dari ancaman
v  Menumbuhkan bisnis
v  Mengelola fungsi-fungsi manajemen

1 komentar :

Sefti Debora mengatakan...

terimakasih sudah membaca.
smoga brmanfaat bagi semua pembaca .
saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di uv.Gunadarma
salam kenal :)

Posting Komentar